Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SMA DOC KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SMA FILE TYPE DOC-Bertemu kembali dengan kami admin blog PTK. Pada kesempatan hari ini kami akan kembali menyuguhkan kepada Anda berbagai referensi contoh judul laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kali ini kami ingin menyajikan khusus PTK bidang studi Matematika untuk jenjang SMA maupun Madrasah Aliyah (MA). PTK matematika sma dan ma ini kami bagikan lengkap dari cover sampai lampiran dan dapat di download dengan meng-klik link di bawah, download ptk matematika sma lengkap.

Sehingga untuk bapak atau ibu guru dapat dengan mudah mengeditnya karena file ptk sma ini filetype doc atau berformat word document .doc. Kami mengetahui kesibukan bapak atau ibu guru selain menyediakan file PTK matematika SMA kami juga menyediakan jasa penyusunan pembuatan laporan PTK maupun PTS. Bersama tim yang kami miliki diharapkan kami mampu membantu Anda bapak atau Ibu guru dalam mengerjakan PTK SD, PTK SMP, dan PTK SMA contoh ptk dalam masa pandemi.

Contoh PTK Matematika Format Doc Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013

  • UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK KAIDAH PENCACAHAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM TEACHING PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
  • Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil Pada Materi Pokok Logika Matematika Di Kelas XI SMA N Tahun 2015/2016

  • Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Materi Pokok Bunga, Pertumbuhan Dan Peluruhan Bagi Siswa Kelas XII IPS MA Negeri Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017. Keyword: Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Efektif, Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan.
  • Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Integral Matematika Siswa Kelas XII IPA MA Negeri Tahun Pelajaran 2010/2011  

Contoh PTK Matematika SMA Di Masa Pandemi Covid

Upaya Meningkatkan  Prestasi belajar Matematika Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning (Media Zoom) Dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas XI-IPA 6  SMAN  Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021


Belajar mengajar merupakan sebuah proses untuk meningkatkan mutu diri, memperbanyak pengetahuan, dan memperluas pandangan, agar dapat memiliki daya saing di zaman ini. Oleh karena itulah, Menurut Dimyati dan Mudjiono, ptk matematika sma k 13 (2013: 20), proses belajar merupakan hal yang dialami oleh peserta didik, suatu respon terhadap segala acara pembelajara yang diprogramkan oleh guru. Guru dituntut untuk mampu menghantarkannya mencapai tujuan pembelajaran berupa perubahan sikap, tindakan, dan pandangan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari Prestasi belajar peserta didik.

ptk matematika sma masa pandemi, Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diwajibkan, baik ditingkat SD, SMP, maupun SMA. Tak terkecuali juga pada SMA. Pada umumnya, pelajaran Matematika adalah pelajaran yang dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit oleh kebanyakan peserta didik. Namun dibalik kesulitan itu, banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika kita mampu memahami pelajaran Matematika.

Berdasarkan hasil observasi pada peserta didik di SMAN, proses kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan cara daring, karena adanya kebijakan dari Mentri Pendidikan, yang telah ditetapkan terkait merebaknya wabah covid 19 yang sangat mudah menular. Kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring ini, bertujuan untuk melakukan pembatasan fisik antar individu guna ptk matematika sma untuk kenaikan pangkat mencegah penyebaran virus Covid 19. banyak lembaga sekolah yang melakukan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan cara menerapkan proses pembelajaran berbasis E-Learning dari rumah masing-masinga, tak terkecuali juga pada SMAN. Proses pembelajaran berbasisi E-Learning di SMAN sudah dilakukan mulai tanggal 17 Maret 2020.

Pembelajaran berbasisi E-Learning merupakan pembelajaran yang diseting dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau computer. Sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013: 27). Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010, ptk matematika sma kelas x, xi, xii, doc).

Pada penerapan model pembelajaran berbasis e-learning, timbul permasalahan, karena kurang kreatifnya guru dalam mengemas kegiatan belajar mengajar. Menurut hasil wawancara dengan salah satu guru SMAN, masih banyak peserta didik terutama kelas XI-IPA 6 yang nilainya di bawah KBM yaitu 75. Rendahnya Persentase jumalah peserta didik kelas XI-IPA 6 yang mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), menunjukkan bahwa ketuntasan Prestasi belajar peserta didik secara klasikal di kelas XI-IPA 6 SMAN masih belum optimal sehingga perlu ditingkatkan, contoh ptk matematika sma doc.

Kata Kunci: E-Learning, Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share, Kelas XI-IPA 6, Matematika.

Contoh PTK Matematika SMA Kurikulum Prototype atau Prototipe 2022 Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) 

Belajar mengajar merupakan sebuah proses untuk meningkatkan mutu diri, memperbanyak pengetahuan, dan memperluas pandangan, agar dapat memiliki daya saing di zaman ini. Oleh sebab seperti itu, Bagi Dimyati serta Mudjiono( 2013: 20), proses berlatih ialah perihal yang dialami oleh partisipan ajar, sesuatu reaksi kepada seluruh kegiatan pembelajara yang diprogramkan oleh guru.  Guru dituntut untuk mampu menghantarkannya mencapai tujuan pembelajaran berupa perubahan sikap, tindakan, dan pandangan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari Prestasi Belajar peserta didik, ptk matematika sma kelas xi Kurikulum Prototype. 

Dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model, metode, dan strategi pembelajaran yang tepat dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar di kelas adalah suatu hal yang sangat penting. Selama proses pembelajaran, guru hendaknya berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan yang penting peserta didik, seperti kemampuan-kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Meningkatnya kemampuan-kemampuan tersebut memerlukan model, metode, dan strategi pembelajaran yang tepat. Selain itu juga memerlukan minat dan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Khususnya minat dan perhatian terhadap pelajaran Matematika.

ptk matematika sma kelas x Kurikulum Prototipe Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diwajibkan, baik ditingkat SD, SMP, maupun SMA. Tak terkecuali juga pada SMA. Pada umumnya, pelajaran Matematika adalah pelajaran yang dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit oleh kebanyakan peserta didik. Namun dibalik kesulitan itu, banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika kita mampu memahami pelajaran Matematika. Penerapan ilmu Matematika tidak hanya terbatas untuk mengukur suatu hal, atau menghitung uang kembalian. Lebih dari itu, Matematika dapat digunakan dalam segala bidang, seperti dalam bidang Fisika, Kimia, bahkan pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Berdasarkan hasil observasi pada peserta didik di SMAN, proses kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan cara daring, karena adanya kebijakan dari Mentri Pendidikan, yang telah ditetapkan terkait merebaknya wabah covid 19 yang sangat mudah menular. Kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring ini, bertujuan untuk melakukan pembatasan fisik antar individu guna mencegah penyebaran virus Covid 19 ptk matematika sma kelas xii Kurikulum Prototipe. banyak lembaga sekolah yang melakukan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan cara menerapkan proses pembelajaran berbasis E-Learning dari rumah masing-masinga, tak terkecuali juga pada SMAN. Proses pembelajaran berbasisi E-Learning di SMAN sudah dilakukan mulai tanggal 17 Maret 2020. Sistem belajar yang semula tatap muka antara guru dan peserta didik, karena merebaknya wabah covid 19, akhirnya membuat lembaga sekolah menerapkan sistem E-lerning dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam peroses belajar-mengajar, ptk matematika sma kelas x Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP). 

Pembelajaran berbasisi E-Learning merupakan pembelajaran yang diseting dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau computer. Sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013: 27). Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati,2010), ptk matematika Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP).

Sistem E-Learning yang diterapkan pada peroses pembelajaran ini, menimbulkan permasalahan. Beberapa guru, dalam kegiatan belajar mengajar hanya di isi dengan memberikan tugas terhadap peserta didik. Seperti mengerjakan soal, mencatat dan membaca. Hal ini tidak menjamin peserta didik akan belajar dirumah. Hasil observasi terhadap beberapa guru yang melakukan pembelajaran dengan menerapkan cara mengajar seperti itu, memperlihatkan bahwa Prestasi Belajar siswa menjadi menurun. Hal ini dikarenakan berkurangnya ketertarikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, yang hanya di isi dengan mengerjakkan tugas, perintah membaca buku-buku tertentu, dan lain sebagainya. Sehingga Prestasi Belajar tidak tercapai sesuai dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang ditentukan. Menurut hasil wawancara dengan salah satu guru SMAN, masih banyak peserta didik terutama kelas XI-IPA 6 yang nilainya di bawah KBM yaitu 75. Rendahnya Persentase jumalah peserta didik kelas XI-IPA 6 yang mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), menunjukkan bahwa ketuntasan Prestasi Belajar peserta didik secara klasikal di kelas XI-IPA 6 SMAN masih belum optimal sehingga perlu ditingkatkan, ptk matematika Kurikulum Prototipe. 

Berdasarkan masalah diatas, dapat disimpulkan bahwa rendahnya Prestasi Belajar terutama pelajaran Matematika, dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik, hanya pemberian tugas tanpa adanya materi pembelajaran yang disampaikan guru dengan kreatif dan mengundang perhatian siswa. Ditambah lagi dengan persepsi peserta didik yang terhadap pelajaran Matematika, yang mereka yakini adalah pelajaran yang sangat sulit.

Salah saru cara agar semangat belajar pesrta didik dalam belajar metematoka meningkat, dan merubah persepsi negative terhadap pelajaran matematika adalah dengan merubah, baik dari segi model, metode, setrategi, dan media belajar mengajar. Seorang guru harus kreatif dalam memilih model dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, dan juga kondisi pembelajaran yang harus dilakukan secara daring. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada kelas XI-IPA 6 SMAN adalah melalui model pembelajaran berbasisi E-Learning. 

Sedangkan metode merupakan bagian yang tak terpisahkan dari model pembelajaran, untuk memudahkan serta mewujudkan tercapainya pemahaman materi kepada peserta didik sehingga seorang guru diharapkan mampu menggunakan metode untuk menciptakan suasana pembelajaran efektif, kreatif dan menyenangkan. Lebih lagi media pembelajaran merupakan suatu bagian yang tak terpisahkan dalam menyampaikan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Metode yang dirasa sangat sesuai untuk digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pada ke;as XI-IPA 6 adalah dengan menerapkan metode Cooperative Learning tipe Think-Pair-Share. Penerapan ini diharapkan akan membuat peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan secara daring, dan lebih mudah dalam memahami materi matematika secara detail. 

Penerapan Cooperative Learning tipe Think-Pair-Share yang dipadukan dengan Zoom sebagai media audio-visual yang mampu menampilkan gerak, dirasa dapat efektif digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran di kelas XI-IPA 6 SMAN yang harus terganggu karena wabah virus corona. 

Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Contoh PTK Matematika SMA/MA File type doc. Semoga PTK matematika SMA/MA ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ptk di masa pandemi covid-19.

10 comments for "DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SMA DOC KURIKULUM 2013"

  1. Ini sangat membantu tugas-tugas guru dan kebutuhan guru sebagai PNS

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat buat yg naik pangkat

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas postingannya, ini sangat bermanfaat buat kami yang baru ingin membuat ptk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ada kesusahan dalam menyusun laporan ptk bisa hubungi ADMIN

      Delete
  4. Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung Ibu Mundiyanti

      Delete